Jumat, 18 Oktober 2013

Makalah musik reggae dan Bob marley


Kata Pengantar
Dengan mengucapkan  puji syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang    telah menolong hamba-Nya dengan berkat-Nya sehingga makalah ini dapat terselesaikan, bukan lain  untuk memenuhi tugas kesenian. Makalah ini dibuat agar menambah wawasan bagi para pembacanya.

          Makalah  ini  berisikan  mengenai  sejarah musik REGGAE dan tokoh terkenalnya BOB MARLEY . Sehingga para pembaca dapat menambah wawasannya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Demikian pengantar dari kami, apabila dalam penulisan atau isi dari makalah ini masih banyak kekurangan saya menerima saran dan kritik  untuk menyempurnakannya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.        

Singkawang, 19 Oktober  2013

Penyusun










I


DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………………………………………….  I
Daftar Isi……………………………………………………………………..  II
Bab I Pendahuluan
I.1 Latar Belakang…………………………………………………………… 1
I.2 Rumusan Masalah………………………………………………………... 1
I.3 Tujuan……………………………………………………………………. 1
I.4 Manfaat…………………………………………………………………... 1
Bab II Pembahasan
II.1 Sejarah Musik Reggae..………………………………………………....  2
II.2 Pengertian Reggae…..……………………………………………...…...  3
II.3 Bob Marley…...……………………………………………..………….  4
II.4 Perjalanan Hidup Bob Marley………………………………………..… 6
Bab III Penutup
III.1 Kesimpulan………………………………………………………….....  7
III.2 Saran………………………………………………………………….... 7








 II


BAB I
Pendahuluan


1.    Latar belakang
            Musik adalah salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. Di dalam musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya, baik dalam bentuk formal maupun informal. Musik itu sendiri memiliki bentuk yang khas, baik dari sudut struktual maupun jenisnya dalam kebudayaan. Demikian juga yang terjadi pada musik reggae.
            Reggae merupakan irama musik yang berkembang di Jamaika. Oleh karena itu, selain untuk memenuhi tugas dalam mata pelajaran kesenian ini, kami mengangkat judul tentang musik reggae, karena reggae merupakan salah satu jenis music mancanegara yang terkenal. Disini kami tertarik untuk lebih mendalami tentang sejarah dan tokoh musik reggae.

2.    Rumusan masalah
·       Bagaimana sejarah musik  reggae ?
·       Apa yang dimaksud reggae ?
·       Siapakah Bob Marley ?
·       Bagaimana perjalanan hidup Bob Marley ?

3.    Tujuan
memberi informasi kepada pembaca agar mengetahui ataupun lebih mengetahui musik reggae serta  tokoh musik reggae.

4.    Manfaat
·        Bagi pembaca yang belum mengetahui musik reggae akan mengetahuinya memalui tulisan ini. Sedangkan yang sudah mengetahui akan menambah wawasannya.
·        Bagi pembaca yang belum mengenal tokoh ini dapat mengenalnya.
·       Bagi pembaca yang sudah mengenal tokoh ini dapat lebih menambah wawasan mengenai tokoh reggae ini.
1

BAB II
Pembahasan

1. Sejarah Musik Reggae
Tahun 1968 banyak disebut sebagai tahun kelahiran musik reggae. Sebenarnya tidak ada kejadian khusus yang menjadi penanda awal muasalnya, kecuali peralihan selera musik masyarakat Jamaika dari Ska dan Rocsteady, yang sempat populer di kalangan muda pada paruh awal hingga akhir tahun 1960-an, pada irama musik baru yang bertempo lebih lambat : reggae. Boleh jadi hingar bingar dan tempo cepat Ska dan Rocksteady kurang mengena dengan kondisi sosial dan ekonomi di Jamaika yang sedang penuh tekanan.
Kata “reggae” diduga berasal dari pengucapan dalam logat Afrika dari kata “ragged” (gerak kagok–seperti hentak badan pada orang yang menari dengan iringan musik ska atau reggae). Irama musik reggae sendiri dipengaruhi elemen musik R&B yang lahir di New Orleans, Soul, Rock, ritmik Afro-Caribean (Calypso, Merengue, Rhumba) dan musik rakyat Jamaika yang disebut Mento, yang kaya dengan irama Afrika . Irama musik yang banyak dianggap menjadi pendahulu reggae adalah Ska dan Rocksteady, bentuk interpretasi musikal R&B yang berkembang di Jamaika yang sarat dengan pengaruh musik Afro-Amerika. Secara teknis dan musikal banyak eksplorasi yang dilakukan musisi Ska, diantaranya cara mengocok gitar secara terbalik (up-strokes) , memberi tekanan nada pada nada lemah (syncopated) dan ketukan drum multi-ritmik yang kompleks.
Teknik para musisi Ska dan Rocsteady dalam memainkan alat musik, banyak ditirukan oleh musisi reggae. Namun tempo musiknya jauh lebih lambat dengan dentum bas dan rhythm guitar lebih menonjol. Karakter vokal biasanya berat dengan pola lagu seperti pepujian (chant), yang dipengaruhi pula irama tetabuhan, cara menyanyi dan mistik dari Rastafari. Tempo musik yang lebih lambat, pada saatnya mendukung penyampaian pesan melalui lirik lagu yang terkait dengan tradisi religi Rastafari dan permasalahan sosial politik humanistik dan universal.





2

2. Pengertian Reggae
Apa sih Reggae ?
Reggae sendiri adalah kombinasi dari iringan tradisional Afrika, Amerika dan Blues serta folk (lagu rakyat) Jamaika. Gaya sintesis ini jelas menunjukkan keaslian Jamaika dan memasukkan ketukan putus - putus tersendiri, strumming gitar ke arah atas, pola vokal yang ‘berkotbah’ dan lirik yang masih seputar tradisi religius Rastafari. Meski banyak keuntungan komersial yang sudah didapat dari reggae, Babylon (Jamaika), pemerintah yang ketat seringkali dianggap membatasi gerak namun bukan aspek politis Rastafarinya. “Reg-ay” bisa dibilang muncul dari anggapan bahwa reggae adalah style musik Jamaika yang berdasar musik soul Amerika namun dengan ritem yang ‘dibalik’ dan jalinan bass yang menonjol. Tema yang diangkat emang sering sekitar Rastafari, protes politik, dan rudie (pahlawan hooligan). Bentuk yang ada sebelumnya (ska & rocksteady) kelihatan lebih kuat pengaruh musik Afrika - Amerika-nya walaupun permainan gitarnya juga mengisi ‘lubang - lubang’ iringan yang kosong serta drum yang kompleks. Di Reggae kontemporer, permainan drum diambil dari ritual Rastafarian yang cenderung mistis dan sakral, karena itu temponya akan lebih kalem dan bertitik berat pada masalah sosial, politik serta pesan manusiawi.

Reggae tidak asli dari Jamaika
Reggae memang adalah musik unik bagi Jamaika, ironisnya akarnya berasal dari New Orleans R&B. Nenek moyang terdekatnya, ska berasal berasal dari New Orleans R&B yang didengar para musisi Jamaika dari siaran radio Amrik lewat radio transistor mereka. Dengan berpedoman pada iringan gitar pas - pasan dan putus - putusadalah interprestasi mereka akan R&B dan mampu jadi populer di tahun 60an. Selanjutnya semasa musim panas yang terik, merekapun kepanasan kalo musti mainin ska plus tarinya, hasilnya lagunya diperlambat dan lahirlah Reggae. Sejak itu, Reggae terbukti bisa jadi sekuat Blues dan memiliki kekuatan interprestasi yang juga bisa meminjam dari Rocksteady (dulu) dan bahkan musik Rock (sekarang). Musik Afrika pada dasarnya ada di kehidupan sehari-hari, baik itu di jalan, bus, tempat umum, tempat kerja ato rumah yang jadi semacam semangat saat kondisi sulit dan mampu memberikan kekuatan dan pesan tersendiri. Hasilnya, Reggae musik bukan cuma memberikan relaksasi, tapi juga membawa pesan cinta, damai, kesatuan dan keseimbangan serta mampu mengendurkan ketegangan.
3

Reggae & Rasta
Bob Marley tentunya adalah bintang musik “dunia ketiga” pertama yang jadi penyanyi group Bob Marley & The Wailers dan berhasil memperkenalkan reggae lebih universal. Meskipun demikian, reggae dianggap banyak orang sebagai peninggalan King of Reggae Music, Hon. Robert Nesta Marley. Ditambah lagi dengan hadirnya “The Harder they Come” pada tahun 1973, Reggae tambah dikenal banyak orang. Meninggalnya Bob Marley kemudian memang membawa kesedihan besar buat dunia, namun penerusnya seperti Freddie McGregor, Dennis Brown, Garnett Silk, Marcia Fiffths dan Rita Marley serta beberapa kerabat keluarga Marley bermunculan. Rasta adalah jelas pembentuk musik Reggae yang dijadikan senjata oleh Bob Marley untuk menyebarkan Rasta keseluruh dunia. Musik yang luar biasa ini tumbuh dari ska yang menjadi elemen style American R&B dan Carribean. Beberapa pendapat menyatakan juga ada pengaruh : folk music, musik gereja Pocomania, Band jonkanoo, upacara - upacara petani, lagu kerja tanam, dan bentuk mento. Nyahbingi adalah bentuk musik paling alami yang sering dimainkan pada saat pertemuan - pertemuan Rasta, menggunakan 3 drum tangan (bass, funde dan repeater : contoh ada di Mystic Revelation of Rastafari). Akar reggae sendiri selalu menyelami tema penderitaan buruh paksa (ghetto dweller), budak di Babylon, Haile Selassie (semacam manusia dewa) dan harapan kembalinya Afrika. Setelah Jamaica merdeka 1962, buruknya perkembangan pemerintahan dan pergerakan Black Power di US kemudian mendorong bangkitnya Rasta. Berbagai kejadian monumentalpun terjadi seiring perkembangan ini.

 3. Siapakah Bob marley itu ?
Robert Nesta "Bob" Marley (lahir di Nine Mile, Saint Ann, Jamaika, 6 Februari 1945 – meninggal di Miami, Florida, Amerika Serikat, 11 Mei 1981 pada umur 36 tahun) adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan musisi reggae berkebangsaan Jamaika. Bob Marley sampai saat ini dikenal di seluruh dunia sebagai musisi reggae yang paling tersohor dalam dunia musik reggae. Dia diakui perannya dalam memopulerkan dan menyebarkan musik Jamaika dan Gerakan Rastafari ke seluruh dunia.

Bob Marley adalah gitaris, vokalis, dan pencipta lagu dalam grup musik The Wailers (1964–1974) dan Bob Marley & The Wailers (1974–1981) yang beraliran ska, rocksteady dan reggae
4

Profil Bob Marley
       Nama lahir : Robert Nesta Marley Lahir 6 Februari 1945 Nine Mile, Saint Ann, Jamaika 
       Meninggal 11 Mei 1981 (umur 36) Miami, Florida, Amerika Serikat 
       Jenis Musik Reggae, ska, rocksteady 
       Pekerjaan penyanyi, pencipta lagu, musisi Instrumen vokal, gitar, perkusi 
       Tahun aktif 1962 – 1981 Perusahaan rekaman Studio One, Beverley's, Upsetter/Trojan, Island/Tuff Gong 









5

 4. Perjalanan hidup
Kapten Norval Sinclair Marley (Ayah bob Marley) adalah seseorang yang berperawakan kecil. Ia adalah seorang pengawas tanah perusahaan Crown Lands, milik Pemerintahan Inggris yang telah menjajah Jamaika sejak tahun 1660-an yang terletak sebelah utara pulau itu. Pangkat yang disandangnya ia dapat saat menjadi komandan markas di Resimen British Hindia Barat. Suatu saat ia bertemu dengan Cendella, seorang wanita pribumi yang telah mamikat hatinya pada saat dia sedang berkunjung ke distrik Nine Miles. Hubungan mereka menjadi pergunjingan warga setempat karena Ras. Pada Mei 1944 cedella mengejutkan keluarganya karena hamil. Sehingga pada hari jumat dilaksanakanlah pernikahan antara Norval dengan Cendella dan sehari setelah pernikahan mereka, Cendella diungsikan ke Kingston agar tidak tercorek namanya sebagai ahli waris keluarganya.
Dan akhirnya Cendella melahirkan seorang anak yang diberi nama Robert Nesta Marley yang lahir pada pukul 2.30, Rabu Februari 1945 dengan bobot enam setengan pon (3.25 kg) di Nine Miles. Konon pada malam kelahirannya, banyak orang melihat beberapa meteor jatuh, yang menurut keyakinannya akan lahir seorang tokoh besar.















6

BAB III
Penutup

Kesimpulan
Tahun 1968 banyak disebut sebagai tahun kelahiran musik reggae. Sebenarnya tidak ada kejadian khusus yang menjadi penanda awal muasalnya, kecuali peralihan selera musik masyarakat Jamaika dari Ska dan Rocsteady, yang sempat populer di kalangan muda pada paruh awal hingga akhir tahun 1960-an, pada irama musik baru yang bertempo lebih lambat : reggae. Reggae sendiri adalah kombinasi dari iringan tradisional Afrika, Amerika dan Blues serta folk (lagu rakyat) Jamaika. Reggae musik bukan cuma memberikan relaksasi, tapi juga membawa pesan cinta, damai, kesatuan dan keseimbangan serta mampu mengendurkan ketegangan. Bob Marley sampai saat ini dikenal di seluruh dunia sebagai musisi reggae yang paling tersohor dalam dunia musik reggae.

Saran
Musik adalah hal yang memiliki banyak pengertian, dan fungsi tergantung dari individu yang mengenalnya. Musik darimanapun adalah hak individu untuk menyukai, menolak, ataupun memanfaatkannya. Musik mancanegara juga adalah hak kita untuk mengembangkannya. Tapi tidak lupa juga kita harus tetap “Mencintai produk-produk Indonesia”. Lestarikan musik kita sebagaimana kita menyukai musik mereka. Siapa lagi kalau bukan kita sendiri ?











7

1 komentar:

Unknown mengatakan...

yooman,Terimakasih infonya sangat menarik
salam Aqiqah Jogja

Posting Komentar